Ekka Blog: Pengertian Media Pembelajaran dan Manfaat Media Pembelajaran

MenuBar

28 April 2020

Pengertian Media Pembelajaran dan Manfaat Media Pembelajaran


Media Pembelajaran

Pentingnya Memilih Media Pembelajaran yang Tepat dalam ...
Gambar dari Kompasiana.com

Pengertian Media

Kata media berasal Bahasa Latin, yakni “medius” yang secara harfiah berarti ‘tengah’,’ perantara’ atau ‘pengantar’. Di bahasa Arab media disebut ‘wasail’ bentuk jama’ dari ‘wasilah’, yakni sinonim “al- wast” yang artinya juga ‘tengah’. Kata ‘ tengah’ itu sendiri berarti berada di antara dua sisi, maka disebut juga sebagai ‘perantara’ (wasilah) atau yang mengantarai kedua sisi tersebut (Yudhi Munadi,
2013). Robert dan Hanick juga mendefinisikan media dalam buku karya Wina Sanjaya (2012) bahwa media adalah sesuatu yang membawa informasi antara sumber (source) dan penerima (receiver) informasi. AECT (Association for Educational Communications Technology) yang merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan dan komunikasi, mendefinisikan media adalah segala bentuk yang digunakan untuk proses menyalurkan informasi. Pengertian-pengertian dari para ahli dan organisasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media adalah segala sesuatu sebagai perantara atau penghubung dari sumber informasi ke penerima informasi.


Pengertian Media Pembelajaran
AECT mengatakan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan orang untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran harus meningkatkan motivasi siswa).  Yudhi Munadi (2013) mendefinisikan “media pembelajaran adalah Segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif di mana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif”.  Gerlach dan Ely dalam Wina Sanjaya (2012) memandang bahwa media pembelajaran bukan hanya berupa alat dan bahan saja, akan tetapi hal-hal yang memungkinkan siswa dapat memperoleh pengetahuan. Dijelaskan kembali oleh Wina Sanjaya bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu seperti alat, lingkungan, dan segala bentuk kegiatan yang dikondisikan untuk menambah pengetahuan, mengubah sikap atau menanamkan keterampilan pada setiap orang yang menanamkannya. Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah segala sesuatu yang bisa dijadikan perantara dalam menyampaikan sebuah pesan pembelajaran.


Fungsi Media Pembelajaran

Secara umum menurut Sumiharsono dan Hasanah (2018: 10-11) media mempunyai kegunaan sebagai berikut:
  1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
  3. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
  4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori, dan kinestetiknya.
  5. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama.

Selanjutnya Sumiharsono dan Hasanah ( 2018 :11) menyebutkan enam fungsi pokok media pembelajaran dalam proses belajar mengajar antara lain:
  1. Penggunaan media belajar dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar mengajar yang efektif.
  2. Penggunaan media belajar merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi belajar.
  3. Media belajar dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran.
  4. Media belajar dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan atau bukan sekedar pelengkap.
  5. Media belajar dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
  6. Penggunaan media belajar dalam pengajaran diutamakan untuk mempertinggi mutu belajar mengajar.

Manfaat Media Pembelajaran
Nana Sudjana & Ahmad Rivai (2002) mengemukakan manfaat media pembelajaran dalam proses belajar siswa, yaitu:
  1. Pembelajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
  2. Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkannya menguasai dan mencapai tujuan pembelajaran.
  3. Metode mengajar akan lebih bervariasi tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru, sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga, apalagi kalau guru mengajar pada setiap jam pelajaran.
  4. Siswa dapat lebih banyak melakukan kegiatan berlajar sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru, tetapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, memerankan, dan lain-lain.


Baca juga: Psikologi

Dalam bukunya Asyar Arsyad (2002) juga mengemukakan bahwa manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:
  1. Media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan proses hasil belajar
  2. Media pembelajaran dapat meningkatkan dan mengarahkan motivasi belajar, sehingga dapat menimbulkan motivasi belajar, interaksi ang lebih langsung antara siswa dan lingkunganya, dan kemungkinan siswa untuk belajar sendiri-sendiri sesuai denga kemampuan dan minatnya.
  3. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbaasan indera, ruang, dan waktu.
  4. Media pembelajaan dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan mereka, serta memungkinkan terjadinya interaksi langsung dengan guru, masyarakat, dan lingkunganya misalnya melalui karyawisata, kunjungan kemusium atau kebun binatang.




Daftar Pustaka
Arsay, Asyar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Persada.
Munadi, Yudhi (2013). Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFERENSI
Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. (2002). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sumiharsono, Rudy & Hasanah, Hisbiyatul. 2018. Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.





1 comment:

  1. ayo tes keberuntungan kamu di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.