Ekka Blog: Komponen Komputer

MenuBar

24 April 2020

Komponen Komputer


Komponen Komputer 
Komponen Utama dan Komponen Pendukung Komputer

Astaghfirullah, Hanya untuk Sewa Komputer SKK Migas Kucurkan Rp 12 ...

Komponen komputer merupakan semua piranti elektronik yang terdapat di dalam sebuah komputer. Piranti elektronik ini biasa disebut sebagai perangkat keras komputer atau hardware. Dalam merakit sebuah Komputer (PC), sebenarnya kita melakukan penggabungan beberapa komponen fisik (hardware) yang nantinya akan saling mendukung dalam suatu kinerja proses komputasi.


Perangkat keras (Hardware) ini, sekarang sudah banyak dijual terpisah sehingga memungkinkan bagi kita untuk membuat / merakit komputer (PC) sesuai dengan keinginan kita. Perangkat keras ini tersedia dan dijual bebas dengan berbagai macam Merk Dagang. Setiap merk dagang pun memiliki karakteristik masing-masing seperti performa kinerja (performance), kualitas bahan, jenis komponen, fitur yang dimiliki dan daya tahan komponen. Karakteristik inilah yang pada akhirnya menentukan harga yang biasanya berbanding dengan kualitas yang dimiliki setiap merk. Komponen komputer dibedakan menjadi dua yakni komponen utama dan komponen pendukung. Komponen utama komputer dapat digolongkan menjadi beberapa bagian yaitu:
  • Perangkat Proses: Processor, Motherboard, dan Memory Module.
  • Perangkat Display: Graphics Adapter dan Monitor.
  • Perangkat Media penyimpanan: Hard Disk Drive, Floppy Disk Drive, dan Optical Drive (CD-ROM, CD-RW, DVD-ROM, DVD-RW, DVD-combo)
  • Perangkat Kendali Antar Muka: Keyboard & Mouse

Komponen lainnya yang sangat penting adalah Power Supply Unit (PSU) yang akan memberikan daya listrik terhadap komponen lainnya sehingga dapat bekerja dengan baik. Hardware-hardware yang telah disebutkan tadi, dimasukkan kedalam sebuah kotak yang biasa disebut casing. Casing ini bentuk dan warnanya beraneka ragam, biasanya bergantung pada model dan trend. Walaupun bentuk dan warnanya beraneka ragam, tetapi posisi dudukan hardware pada Casing ini semuanya sama, hal ini karena sudah merupakan standarisasi yang disepakati oleh produsen-produsen pembuat hardware PC ini.


Komponen pendukung komputer adalah komponen perangkat keras (hardware) yang melengkapi komputer. Komponen pendukung berfungsi sebagai perangkat tambahan yang bisa menambah fungsi komputer supaya menjadi lebih optimal. Komponen pendukung bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan dari penggunanya. Contoh dari komponen pendukung komputer adalah speaker active, printer dan scanner, webcam dan joystick, sound card, video-editing card, dan ethernet-card atau LAN-card atau NIC (Network Interface Controller).




1 comment:

  1. ayo daftar di agen365*com :D
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.