Ekka Blog: Pengenalan Komputer

MenuBar

06 September 2018

Pengenalan Komputer

Pengenalan Komputer dan Sistem Komputer



Komputer saat ini memang sudah banyak dan mudah dijumpai. Hampir setiap instansi atau perusahaan menggunakan komputer. Bahkan sekolah-sekolah sekarang sudah memiliki komputer untuk digunakan para siswa dalam belajar. Bentuk komputer saat ini bahkan sudah tidak seperti dulu lagi.

Kalian tentunya sudah tidak asing lagi dengan alat satu ini. Mungkin Anda juga sudah sering menggunakannya atau malah setiap hari menggunakannya. Tapi, tahukah Anda apa sebenarnya komputer itu. Jika suatu saat ada yang bertanya pada Anda, apakah Anda dapat menjelaskan apa itu komputer?  Mungkin tidak semua orang akan mudah menjelaskannya. Oleh karena itu kali ini saya akan menulis sedikit pelajaran yang saya dapat saat sekolah tentang pengenalan komputer.
Berikut ini adalah beberapa definisi tentang komputer:


1. Menurut buku Computer Annual (Robert H.Blissmer)

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melalukan beberapa tugas sebagai berikut:
  • Menerima input
  • Memproses input tadi sesuai dengan programnya
  • Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  • Menyediakan output dalam bentuk informasi

2. Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders)

Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan agar  secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output di bawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi program yang tersimpan pada memori (stored program).

3. Menurut buku Computer Organization (V.C. Hamacher, ZG. Vranesic, S.G.Zaky)

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang dengan cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.

4. Menurut buku Introduction to the Computer, The Tool of Business (Wiilliam M. Fuori)

Komputer adalah suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan (definisi ini diambil dari American National Standard Institude dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Technical Comunitee).

5. Menurut buku Introduction to Computers (Gordon B. Davis)

Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.

Berdasarkan beberapa definisi tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah:
  • Alat elektronik yang dapat melakukan perhitungan numerik
  • Alat yang dapat membaca input data dan mengolahnya sesuai dengan program yang ditetapkan untuk menghasilkan informasi yang merupakan output hasil pemrosesan input data
  • Alat yang dapat melakukan penyimpanan data, yaitu program, input, maupun output hasil pengolahan
  • Alat yang bekerja secara otomatis sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan dalam program
Program adalah barisan perintah/intruksi yang disusun sehingga dapat dipahami oleh komputer dan kemudian dijalankan sebagai barisan perhitungan numerik, dimana barisan perintah tersebut berhingga, berakhir, dan menghasilkan output.

SISTEM KOMPUTER

Komputer memiliki sistem untuk melaksanakan perintah dan memperoses data-data. Sistem tersebut saling berhubungan satu sama lain supaya dapat menghasilkan informasi dari data yang diolahnya. Sistem adalah kumpulan elemen yang saling berhubungan dan berinteraksi dalam satu kesatuan untuk menjalankan suatu proses pencapaian suatu tujuan utama. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan pokok tersebut terlaksana, maka harus ada elemen-elemen yang mendukungnya. 

Sebagai suatu sistem, komputer terbentuk dari tiga elemen pokok. Setiap elemen memiliki fungsi tersendiri, saling terkait, dan bergabung membentuk sebuah sistem komputer. Tiga elemen pokok sistem komputer diantaranya hardware, software, dan brainware.

A. Hardware (Perangkat Keras)

Merupakan perangkat komputer yang memiliki wujud fisik terlihat dan perangkat ini dapat di sentuh. Hardware sendiri umumnya dibagi kedalam 4 (empat) bagian, yang diantaranya:

1. Input Device (Perangkat masukan)

Merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data-data atau perintah pada komputer. Contoh unit masukan seperti Keyboard, mouse, scanner dan lain-lain.

2. Output Device (Perangkat Keluaran)

Merupakan perangkat untuk menghasilkan atau menampilkan informasi hasil pengolahan data. Contohnya seperti monitor, printer, spiker dan lain-lain.

3. Processing Device (Perangkat Pemeroses)

Merupakan perangkat yang berupa chip processor untuk memproses perintah-perintah dan data menjadi informasi. Processor merupakan jantungnya sistem komputer, tapi walaupun demikian processor tidak akan memberikan manfaat tanpa komponen-komponen pendukung lainnya. Processor dengan komponen pendukung lainnya saling terintegrasi membentuk suatu sistem komputer.

4. Storage Device (Perangkat penyimpanan)

Merupakan perangkat yang berfungsi sebagai penyimpanan perintah dan data. Pada komputer storage device umumnya dibagi menjadi dua bagian yaitu internal dan eksternal. Penyimpanan internal dapat berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) sedangkan penyimpanan eksternal berupa harddisk, floppydisk, CD,DVD, dan USB flash memory.

B. Software (Perangkat Lunak)

Menurut Susanto (2002) software adalah kumpulan program yang digunakan untuk menjalankan aplikasi tertentu pada komputer, sedangkan program merupakan kumpulan perintah komputer yang tersusun secara sistemastis. Software sebagai perangkat lunak tidak memiliki bentuk fisik dan tidak dapat dipegang seperti hardware. Software merupakan perangkat lunak yang berwujud program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Software dikelompokkan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Operating System (Sistem Operasi)

Perangkat lunak Sistem Operasi sering disebut Operating System (OS), merupakan program dasar pada komputer yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan hardware. Dapat dikatakan juga sistem operasi yaitu perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan memanajemen perangkat keras dan operasi-operasi yang dilakukan pada sistem, termasuk juga menjalankan aplikasi-aplikasi yang dapat melakukan pengolahan data. Contoh sistem operasi komputer misalnya seperti Microsoft Windows, Linux, Mac OS, dan lain-lain. 

2. Program Aplikasi (Aplication Program)

Program aplikasi merupakan program yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna dalam menjalankan pekerjaan tertentu. Program aplikasi siap untuk dipakai pengguna. Program aplikasi digunakan untuk membantu pekerjaan pengguna komputer dalam mengolah berbagai macam data. Pada sebuah komputer perangkat lunak ini sering disiapkan sesuai dengan selera dan kebutuhan penggunanya. Misalnya seperti Microsoft Excel, Microsoft Word,  Microsoft Access, Photo Shop, Chrome, Mozilla dan lain-lain.

C. Brainware (Pengguna Komputer)

Brainware merupakan komponen terpenting dalam sistem komputer karena tanpa brainware, perangkat keras dan perangkat lunak dalam sebuah komputer tidak ada artinya. Brainware adalah orang yang menjalankan atau mengoperasikan komputer. Peran brainware disini sebagai pencipta, pengguna, pemberi perintah, dan pengatur sebuah sistem komputer agar dapat memberikan hasil yang akan dimanfaatkan untuk kepentingan brainware itu sendiri. Berdasarkan fungsi dan perannya brainware umumnya dibagi kedalam 4 (empat) macam, yang diantaranya:

1. Programer

Merupakan orang yang mempunyai keahlian menguasai banyak ataupun salah satu bahasa pemerograman, beberapa bahasa pemerograman yang sering digunakan misalnya seperti PHP, Java, Phyton, C dan lain-lain.

2. Sistem Analis

Merupakan orang yang profesional dalam merencanakan sebuah sistem komputer, mengevaluasi atau menilai kerja sistem komputer, dan melihat seberapa baik sistem tersebut dapat memenuhi kebutuhan user atau operator. Seorang sistem analis-pun sangat berperan penting dalam proses pengembangan suatu sistem. Seorang sistem analis perlu memiliki 4 (empat) keahlian seperti analisis, teknis, manajerial dan cara berkomunikasi dengan orang lain atau interpersonal. Seorang sistem analis juga harus mampu untuk memahami dan bekerja dengan berbagai jenis bahasa pemerograman, sistem operasi, maupun perangkat keras yang digunakan oleh pengguna akhir.

3. Administrator

Merupakan orang yang tugasnya mengelola suatu sistem operasi dan juga beberapa program yang sedang berjalan pada sistem komputer.

4. Operator

Merupakan orang yang mengoperasikan komputer dan memanfaatkan sistem komputer yang telah ada atau dia hanya menggunakan aplikasi-aplikasi tertentu saja untuk mengolah data.





Cukup sampai disini dulu tulisan saya kali ini. Semoga bermanfaat buat sobat yang membaca tulisan saya. Maaf bila ada kekuranga dan terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Nantikan tulisan-tulisan saya lainnya tentang materi-materi pelajaran yang saya dapatkan di sekolah....


2 comments:

  1. Sangat bagus artikelnya

    ReplyDelete
  2. terima kasih kak. artikelnya sangat bermanfaat sekali semoga sukses selalu.
    kenalkan nama saya robuna kusmawati dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.