Ekka Blog: Sistem Operasi: Prinsip, Tujuan, dan Fungsi

MenuBar

28 August 2018

Sistem Operasi: Prinsip, Tujuan, dan Fungsi



Sistem Operasi: Prinsip, Tujuan, dan Fungsi





Sistem operasi merupakan sebuah program yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer, seperti pengendalian perangkat keras, penjadwalan dan eksekusi aplikasi. Dari artikel Sistem Operasi sebelumnya saya sudah membahas pengertian dan sejarah sistem operasi. Kali ini saya akan membahas lagi materi tentang sistem operasi, tepatnya saya akan membahas mengenai prinsip dasar sistem operasi, tujuan adanya sistem operasi dan fungsi sistem operasi. Langsung saja ya ke materi...


Prinsip Dasar Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan program komputer yang berisi perintah-perintah (command) dan bertugas menjembatani pengertian manusia dengan komputer, sehingga komputer dapat bekerja sesuai keinginan. Alasan penggunaan sistem operasi adalah karena sulitnya memahami bahasa mesin. Jadi tujuan utama dari sistem operasi adalah perantara interaksi manusia dengan komputer dan efisiensi kerja.


Tujuan Adanya Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan program yang mengontrol eksekusi program-progam aplikasi dan berfungsi sebagai interface antara user dengan hardware. Sistem operasi sendiri memiliki tiga tujuan:
  1. Sistem operasi membuat komputer lebih mudah dan nyaman digunakan.
  2. Sistem operasi memungkinkan sumber daya sistem komputer untuk digunakan dengan cara yang efisien.
  3. Sistem operasi harus disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan pengembangan yang efektif, pengujian, dan penerapan fungsi-fungsi sistem yang baru tanpa menganggu layanan yang telah ada.

 
Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi memiliki peranan penting saat ini dalam mendukung perkembangan teknologi informasi. Ini karena hampir semua aplikasi yang dikembangkan saat ini berjalan diatas diatas sistem operasi. Sistem operasi merupakan sebuah program yang mengendalikan semua fungsi yang ada pada komputer. Sistem operasi menjadi basis landasan pengembangan aplikasi untuk user. Secara umum semua sistem operasi memiliki empat fungsi berikut:
  1. Pengendalian akses terhadap berbagai perangkat keras yang terhubung ke komputer. (Manajemen perangkat keras)
  2. Pengelolaan file dan folder (Manajemen file dan folder)
  3. Penyediaan user interface sebagai jembatan antar user dengan perangkat keras komputer (Manajemen interaksi user)
  4. Pengelolaan aplikasi user (Manajemen aplikasi)

Demikian tulisan saya tentang prinsi, tujuan, dan fungsi sistem operasi. Tulisan ini saya ambil dari pelajaran yang saya dapatkan disekolah dan dari buku referensi yang saya baca. Nantikan tulisan saya selanjutnya mengenai fungsi sistem operasi yang lebih lengkap. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya.






Referensi:
Haryanto, E.V. (2012). Sistem Operasi Konsep dan Teori. Yogyakarta: CV. Andi
Pangera, A.A and Ariyus, D. (2005). Sistem Operasi. Yogyakarta: CV. Andi
Pranata, K.S. (2013). Sistem Operasi Jaringan untuk SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.