Ekka Blog: Besaran dan Satuan

MenuBar

23 April 2020

Besaran dan Satuan


Besaran dan Satuan

Besaran dalam fisika didefinisikan sebagai sesuatu yang dapat diukur dan memiliki nilai. Sedangkan satuan adalah sesuatu yang digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Besaran dikelompokkan menjadi dua yaitu besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran Pokok
Pengertian Besaran Pokok Dan Besaran Turunan Beserta Contohnya ...

Besaran pokok adalah besaran yang satuannya didefinisikam sendiri. Besaran ini menjadi dasar untuk menetapkan besaran yang lain. Satuan besaran pokok juga disebut satuan pokok dan telah ditetapkan terlebih dahulu berdasarkan kesepakatan para ilmuan. Besaran pokok bersifat bebas yang artinya tidak bergantung pada besaran pokok lainnya.
  1. Panjang: Panjang adalah jarak antara dua titik. Satuan dasar panjang dalam SI adalah meter (m). Satu meter standar (baku) sama dengan jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa selama 1/299792458 sekon. Panjang dalam kehidupan sehari-hari bisa diukur dengan mistar, rol meter, meter gulung, jangka sorong, mikrometer sekrup, dll.
  2. Massa: Massa adalah jumlah materi yang dikandung suatu benda. Satuan dasar massa dalam SI adalah kilogram (kg). Massa 1 kg setara dengan 1 liter air panas pada suhu 40o C. Massa suatu benda ditentukan oleh kandungan materinya dan tidak mengalami perubahan meskipun kedudukannya berubah. Massa suatu benda dapat diukur dengan neraca lengan, sedangkan berat diukur dengan neraca pegas.
  3. Waktu: Waktu adalah selang antara dua kejadian atau dua peristiwa. Satuan waktu dalam SI adalah detik atau sekon (s). Alat ukur waktu adalah jam atau stop watch.


Besaran Turunan
Besaran turunan merupakan turunan dari besaran pokok. Satuan dari besaran turunan merupakan gabungan beberapa satuan besaran pokok.   Contoh besaran turunan adalah luas, volume, kecepatan, percepatan, daya, usaha, energi, dan lain-lain.
  1. Luas: Luas merupakan hasil kali antara panjang dan lebar. Satuan luas disusun oleh satuan panjang. Satuan luas dalam SI adalah meter persegi (m2).
  2. Volume: Volume adalah besarnya ruangan yang terisi oleh materi. Volume merupakan turunan yang disusun dari besaran pokok panjang. Satuan volume dalam SI adalah meter kubik (m3). Untuk benda yang teratur bentuknya seperti balok, volume dapat diukur dengan cara mengukur panjang, lebar, dan tinggi. Sedangkan benda yang tidak teratur bentuknya (zat cair) bisa diukur dengan menggunakan gelas ukur.


1 comment:

  1. ayo menangkan uang setiap harinya di agen365*com
    WA : +85587781483

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.