Ekka Blog: Hasil Belajar: Pengertian, Faktor, dan Macam-macam Hasil Belajar

MenuBar

02 May 2020

Hasil Belajar: Pengertian, Faktor, dan Macam-macam Hasil Belajar


Hasil Belajar

Definisi Hasil Belajar Menurut Para Ahli | himitsuqalbu
Gambar dari: himitsuqalbu.wordpress.com

Pengertian Hasil Belajar

Sudjana (2005: 22) menjelaskan hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar merupakan perilaku berupa pengetahuan, keterampilan, sikap, informasi,strategi kognitif yang baru dan diperoleh siswa setelah berinteraksi dengan lingkungan dalam suatu suasana atau kondisi pembelajaran. Menurut Anni (2006:4) hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar.
Seseorang dapat dikatakan telah belajar sesuatu apabila dalam dirinya telah terjadi suatu perubahan tingkah laku, akan tetapi tidak semua perubahan yang terjadi. Perubahan tingkah laku tersebut bisa berupa perubahan sifat maupun pengetahuan, dari tidak tahu menjadi tahu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ada proses yang harus dilalui oleh peserta didik, yaitu belajar. Belajar dengan menggunakan metode yang tepat, dapat membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran yang disampaikan sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar

Sudjana (2005: 22) mengatakan bahwa secara garis besar faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sebagai berikut:
  1. Faktor-faktor yang bersumber dari dalam diri manusia. Faktor ini dapat diklarifikasikan menjadi dua yakni faktor biologis dan faktor psikologis. Faktor biologis antara lain usia, kematangan dan kesehatan, sedangkan faktor psikologis adalah kelelahan, suasana hati, motivasi, minat dan kebiasaan belajar.
  2. Faktor yang bersumber dari luar manusia. faktor ini diklasifikasikan menjadi dua yakni faktor manusia dan faktor non manusia seperti alam, benda, hewan, dan lingkungan fisik.

Baca juga: Model Pembelajaran Kooperatif: Pengertian, Prinsip, dan Karakteristik
Baca juga: Perkembangan Kurikulum di Indonesia

Macam-macam Hasil Belajar
Dalam sistem pendidikan nasional rumusan tujuan pendidikan menggunakan klasifikasi hasil belajar dari Benyamin S. Bloom dalam Anni (2006 :7-12) secara garis besar dibagi menjadi tiga ranah, yaitu:
1.     Ranah Kognitif
Ranah kognitif berkaitan dengan kemampuan intektual seseorang hasil belajar kognitif melibatkan siswa kedalam proses berfikir seperti menginggat, memahami, menerapkan, menanalisa sintesis dan evaluasi.
2.     Ranah Afektif
Ranah afektif berkaitan dengan kemampuan yang berkenan dengan sikap, nilai perasaan dan emosi. Tingkatan-tingkatannya aspek ini dimulai dari yang sederhana sampai kepada tingkatan yang kompleks, yaitu penerima, penanggapan penilaian, pengorganisasian, dan karakterisasi nilai.
3.     Ranah psikomotor
Ranah psikomotor berkaitan dengan kemampuan yang menyangkut gerak-gerak otot. Tingkatan-tingkatanya aspek ini, yaitu gerakan reflex keterampilan pada gerak dasar kemampuan perseptual, kemampuan dibidang pikis, gerakan-gerakan skill dimulai dari keterampilan sederhana sampai kepada keterampilan yang kompleks dan kemampuan yang berkenan dengan non discursive komunikasi seperti gerakan ekpresif dan interpretative




Sumber:
Anni, C. T. (2006). Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.