Indikator
Motivasi Belajar
Menurut Uno
(2008: 23), indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.
Adanya hasrat dan keinginan
berhasil
Seseorang yang memiliki motivasi
belajar yang tinggi pastinya memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam
mencapai tujuannya. Dalam hal belajar seseorang akan mempunyai keinginan untuk
berhasil dalam mendapatkan nilai baik, prestasi baik, dan cita-cita yang
diharapkan.
2.
Adanya dorongan dan
kebutuhan dalam belajar
Seorang yang termotivasi belajar akan
terdorong untuk belajar. Belajar merupakan kebutuhan bagi dirinya, sehingga ia
tidak akan merasa jenuh dalam belajar. Dengan adanya dorongan dan kebutuhan
belajar tersebut seseorang akan meraih tujuan yang ingin dicapainya.
3.
Adanya harapan dan
cita-cita masa depan
Cita-cita dan harapan di masa depan
itulah akan membuat seseorang termotivasi, karena ia ingin meraih harapan dan
cita-citanya itu. Dalam hal belajar, cita-cita seseorang siswa akan membuatnya
bersemangat dalam belajar. Hal ini dilakukannya untuk meraih cita-cita
tersebut.
4.
Adanya penghargaan dalam
belajar
Seseorang yang mendapat penghargaan
akan lebih tertantang untuk mengembangkan kemampuannya. Begitu juga dalam hal
belajar, siswa yang mendapatkan penghargaan akan prestasi yang dicapainya akan
merasa bangga dan mengembangkan lagi ilmu pengetahuannya untuk meningkatkan
prestasi belajarnya.
5.
Adanya kegiatan yang
menarik dalam belajar
Kegiatan yang menarik dalam belajar
akan membuat siswa tertarik dan ketertarikan tersebut secara tidak langsung
menumbuhkan motivasi belajar mereka. Mereka akan termotivasi untuk melakukan hal yang membuatnya tertarik tersebut. Dalam
pembelajaran strategi pembelajaran yang aktif dapat menarik perhatian siswa,
sehingga siswa akan aktif dapat pembelajaran dan termotivasi untuk memecahkan
suatu persoalan.
6.
Adanya lingkungan belajar
yang kondusif
Lingkungan belajar pun adalah salah satu
hal yang berpengaruh dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa.
Lingkungan belajar yang sesuai dengan diri siswa akan membuat siswa lebih
termotivasi dalam belajar.
Baca juga: Motivasi Belajar: Pengertian, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhi
Baca juga: Hasil Belajar: Pengertian, Faktor, dan Macam-macam Hasil Belajar
Sumber:
Sumber:
Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi
dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
admin numpang promo ya.. :)
ReplyDeletecuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483