Ekka Blog: Indikator Motivasi Belajar

MenuBar

02 May 2020

Indikator Motivasi Belajar


Indikator Motivasi Belajar

Menurut Uno (2008: 23), indikator motivasi belajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1.       Adanya hasrat dan keinginan berhasil
Seseorang yang memiliki motivasi belajar yang tinggi pastinya memiliki hasrat dan keinginan untuk berhasil dalam mencapai tujuannya. Dalam hal belajar seseorang akan mempunyai keinginan untuk berhasil dalam mendapatkan nilai baik, prestasi baik, dan cita-cita yang diharapkan.
2.       Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar
Seorang yang termotivasi belajar akan terdorong untuk belajar. Belajar merupakan kebutuhan bagi dirinya, sehingga ia tidak akan merasa jenuh dalam belajar. Dengan adanya dorongan dan kebutuhan belajar tersebut seseorang akan meraih tujuan yang ingin dicapainya.
3.       Adanya harapan dan cita-cita masa depan
Cita-cita dan harapan di masa depan itulah akan membuat seseorang termotivasi, karena ia ingin meraih harapan dan cita-citanya itu. Dalam hal belajar, cita-cita seseorang siswa akan membuatnya bersemangat dalam belajar. Hal ini dilakukannya untuk meraih cita-cita tersebut.
4.       Adanya penghargaan dalam belajar
Seseorang yang mendapat penghargaan akan lebih tertantang untuk mengembangkan kemampuannya. Begitu juga dalam hal belajar, siswa yang mendapatkan penghargaan akan prestasi yang dicapainya akan merasa bangga dan mengembangkan lagi ilmu pengetahuannya untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
5.       Adanya kegiatan yang menarik dalam belajar
Kegiatan yang menarik dalam belajar akan membuat siswa tertarik dan ketertarikan tersebut secara tidak langsung menumbuhkan motivasi belajar mereka. Mereka akan termotivasi untuk melakukan  hal yang membuatnya tertarik tersebut. Dalam pembelajaran strategi pembelajaran yang aktif dapat menarik perhatian siswa, sehingga siswa akan aktif dapat pembelajaran dan termotivasi untuk memecahkan suatu persoalan.
6.       Adanya lingkungan belajar yang kondusif
Lingkungan belajar pun adalah salah satu hal yang berpengaruh dalam menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Lingkungan belajar yang sesuai dengan diri siswa akan membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar.


Baca juga: Motivasi Belajar: Pengertian, Fungsi, dan Faktor yang Mempengaruhi
Baca juga: Hasil Belajar: Pengertian, Faktor, dan Macam-macam Hasil Belajar


Sumber:

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

1 comment:

  1. admin numpang promo ya.. :)
    cuma di sini tempat judi online yang aman dan terpecaya di indoneisa WA : +85587781483

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.