Pengertian Evaluasi Kurikulum
Kurikulum
terdiri dari berbagai komponen yang mendukung, salah satunya evaluasi. Evaluasi
kurikulum menjadi salah satu komponen penting kurikulum. Chonbach dalam Wulan
(2012) menyatakan bahwa evaluasi merupakan pemeriksaan yang sistematis terhadap
segala peristiwa yang terjadi sebagai akibat dilaksanakannya suatu program.
Chelimsky dalam Adnan (2017) juga mendefinisikan evaluasi adalah suatu metode
penelitian yang sistematis untuk menilai rancangan, implementasi dan
efektivitas suatu program. Sedangkan Arikunto (2003) mengatakan bahwa evaluasi
adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program
pendidikan. Maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi merupakan prosedur secara
sistematis untuk mengukur/menilai rancangan, implementasi, dan efektifitas
suatu program. Sedangkan kurikulum terdapat beberapa definisi seperti yang
dikutip dari Adnan (2017) adalah:
1. Kurikulum
adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan
pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No.
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).
2. Seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta metode yang
digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan kegiatan pembelajaran (Keputusan
Menteri Kesehatan Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan
Pelatihan di bidang Kesehatan).
Baca juga: Perkembangan Kurikulum di Indonesia
3. Kurikulum
pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun
bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang
digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di
perguruan tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman
Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa).
4. Sedangkan
menurut Harsono, kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam
praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini
definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak
hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang
terencana dari suatu institusi pendidikan.
Dari pengertian evaluasi dan kurikulum di atas maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian evaluasi kurikulum adalah penelitian yang sistematik tentang manfaat, tujuan pembelajaran, isi materi, bahkan efektifitas dan efisiensi dari kurikulum yang diterapkan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat dari Purwanto (2002) evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauhmana tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa. Sejalan dengan hal itu, maka evaluasi kurikulum bertujuan untuk memeriksa atau meninjau kembali pencapaian tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan dari kurikulum yang dijalankan.
Baca juga: Kebijakan Kurikulum
Sumber:
Wulan, Ana
Ratna. 2012. Pengertian dan Esensi Konsep
Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. Bandung : FPMIPA Universitas
Pendidikan Indonesia.
Adnan,
Mohammad. 2017. Evaluasi Kurikulum
sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Idaroh: Jurnal
Studi Manajemen Pendidikan Islam. 1(2) : 108-129.
No comments:
Post a Comment
Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.