Ekka Blog: Pengertian Evaluasi Kurikulum

MenuBar

30 January 2022

Pengertian Evaluasi Kurikulum

 

Pengertian Evaluasi Kurikulum

Kurikulum terdiri dari berbagai komponen yang mendukung, salah satunya evaluasi. Evaluasi kurikulum menjadi salah satu komponen penting kurikulum. Chonbach dalam Wulan (2012) menyatakan bahwa evaluasi merupakan pemeriksaan yang sistematis terhadap segala peristiwa yang terjadi sebagai akibat dilaksanakannya suatu program. Chelimsky dalam Adnan (2017) juga mendefinisikan evaluasi adalah suatu metode penelitian yang sistematis untuk menilai rancangan, implementasi dan efektivitas suatu program. Sedangkan Arikunto (2003) mengatakan bahwa evaluasi adalah serangkaian kegiatan yang ditujukan untuk mengukur keberhasilan program pendidikan. Maka dapat disimpulkan bahwa evaluasi merupakan prosedur secara sistematis untuk mengukur/menilai rancangan, implementasi, dan efektifitas suatu program. Sedangkan kurikulum terdapat beberapa definisi seperti yang dikutip dari Adnan (2017) adalah:


1.      Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (Pasal 1 Butir 19 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).

2.      Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta metode yang digunakan sebagai pedoman menyelenggarakan kegiatan pembelajaran (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 725/Menkes/SK/V/2003 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan di bidang Kesehatan).


Baca juga: Perkembangan Kurikulum di Indonesia


3.      Kurikulum pendidikan tinggi adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi maupun bahan kajian dan pelajaran serta cara penyampaian dan penilaiannya yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar-mengajar di perguruan tinggi (Pasal 1 Butir 6 Kepmendiknas No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa).

4.      Sedangkan menurut Harsono, kurikulum merupakan gagasan pendidikan yang diekpresikan dalam praktik. Dalam bahasa latin, kurikulum berarti track atau jalur pacu. Saat ini definisi kurikulum semakin berkembang, sehingga yang dimaksud kurikulum tidak hanya gagasan pendidikan tetapi juga termasuk seluruh program pembelajaran yang terencana dari suatu institusi pendidikan.


Dari pengertian evaluasi dan kurikulum di atas maka dapat kita simpulkan bahwa pengertian evaluasi kurikulum adalah penelitian yang sistematik tentang manfaat, tujuan pembelajaran, isi materi, bahkan efektifitas dan efisiensi dari kurikulum yang diterapkan. Hal tersebut sesuai dengan pendapat dari Purwanto (2002) evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauhmana tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa. Sejalan dengan hal itu, maka evaluasi kurikulum bertujuan untuk memeriksa atau meninjau kembali pencapaian tujuan pendidikan yang ingin diwujudkan dari kurikulum yang dijalankan.


Baca juga: Kebijakan Kurikulum



Sumber:

 

Wulan, Ana Ratna. 2012. Pengertian dan Esensi Konsep Evaluasi, Asesmen, Tes, dan Pengukuran. Bandung : FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Adnan, Mohammad. 2017. Evaluasi Kurikulum sebagai Kerangka Acuan Pengembangan Pendidikan Islam. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam. 1(2) : 108-129.

 

 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.