Ekka Blog: Wanita Menurut Bangsa Yunani dan Romawi

MenuBar

14 April 2020

Wanita Menurut Bangsa Yunani dan Romawi


Wanita Menurut Bangsa Yunani dan Romawi

Fakta Pakaian Romawi dan Yunani Kuno – Kembang Pete
Gambar dari kembangpete.com

Wanita Menurut Bangsa Yunani

Pakar sejarah menulis tentang peradaban Yunani bahwa di antara anak cucu mereka masih ada yang memuji orang kota. Bagi mereka, wanita tidak memiliki kedudukan sama sekali selain sebagai pemuas pria dan alat perkembangbiakan. Undang-undang Yunani memosisikan wanita tak lebih dari pembantu, meskipun ada beberapa perbaikan karena keteguhan hati sebagai kaum wanita.

Kondisi ini terus berlangsung sampai bangsa Yunani dikuasai oleh nafsu syahwat. Mereka kemudian dikendalikan tabiat-tabiat binatang dan kemewahan. Kala itulah wanita pelacur dan yang berakhlak buruk memiliki posisi terhormat dalam komunitas bangsa Yunani. Kedudukan mereka di masyarakat bahkan sangat mulia dan menjadi rujukan musyawarah di kalangan mereka. Tidak ada pendapat yang “brilian” bagi mereka, kecuali dengan bimbingan wanita-wanita tersebut, di antara mereka bahkan ada yang sampai pada tingkatan disembah atau dipertuhankan.

Baca juga: Wanita Menurut Bangsa Yahudi dan Kaum Nasrani

Wanita Menurut Bangsa Romawi

Kondisi wanita di negara Romawi tidak lebih baik dari kondisi mereka di Yunani. Undang-undang Romawi bahkan menetapkan kaum wanita tidak memiliki kepribadian sama sekali. Mereka menjadikan wanita sebagai ukuran ketidaklayakan, sebagaimana halnya gila dan usia kecil. Lebih parah lagi, ketika seorang wanita beralih ke tempat tinggal suaminya maka hubungan si wanita dengan keluarganya menjadi terputus. Para suami di negara Romawi memiliki hak untuk menghukum istrinya dengan semaunya apabila istrinya melakukan suatu kesalahan dan bahkan bisa menetapkan hukuman mati. Kondisi ini memicu lemahnya hubungan rumah tangga, banyak terjadi perceraian, dan maraknya perzinaan. Perempuan-perempuan pelacur dan buruk akhlak berperan dalam meminimalisir penguasaan laki-laki atas wanita. Boleh jadi, inilah salah satu faktor yang menyebabkan runtuhnya negara Romawi.

Baca juga: Wanita Menurut Bangsa Persia dan Kaum Arab Jahiliyah






Sumber:
Fikih Wanita: Panduan Ibadah Wanita Lengkap & Praktis
Dr. Ali bin Sa'id Al-Ghamidi

1 comment:

  1. AJOQQ menyediakan permainan poker,domino, bandarq, bandarpoker, aduq, sakong dan capsa :)
    ayo segera bergabung bersama kami dan menangkan uang setiap harinya :)
    AJOQQ juga menyediakan bonus rollingan sebanyak 0.3% dan bonus referal sebanyak 20% :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Tinggalkan komentar dengan bahasa yang sopan.